Cara Membuat Vector Vexel dengan Inkscape Paling Mudah

Cara Membuat Vector Vexel dengan Inkscape Paling Mudah





Cara Mudah Membuat Vector dengan Mengubah Foto menjadi Vektor menggunakan Inkscape . Pada kesempatan yang berbahagia ini saya kan membarikan tips dan trik tentang desain grafis, ada beberapa teknik yang kita perlu lakukan untuk membuat vector dengan mudah menggunakan aplikasi Inkscape. Untuk mengubah foto menjadi vector dengan Inkscape terbilang sangat sederhana dan mudah dibandingkan dengan aplikasi lainya seperti Coreldraw dan Photoshop, pada aplikasi yang satu ini kita dapat membuat sebuah vektor secara mudah untuk dilakukan serta di pahami.

Mungkin bagi beberapa master yang jago tentang desain grafis teknik ini adalah teknik yang sederhana namun memiliki daya tarik yang berbeda dan menuangkan kesan keindahan pada hasil akhirnya, bagi beberapa orang yang sudah lama terjun dalam dunia desain grafis dan teknik vector atau vektor merupakan teknik grafis yang sangat populer.

Biasanya teknik grafis vector digunakan untuk membuat sebuah kartun atau animasi dan pada umumnya orang membuat desain grafis vector menggunakan aplikasi Lnkscape dan Photoshop. Namun saya lebih mudah membuat vector dengan mengubah foto menjadi vektor menggunakan Inkscape sebab aplikasi ini saya rasa cocok dan mudah untuk digunakan, selain itu aplikasi yang satu ini adalah aplikasi freeware atau dapat diunduh dengan gratis.

Sebelum anda melakukan teknik yang satu ini, maka sebaiknya anda harus memahami bagian-bagian yang ada pada menu edit foto seperti Photoshop dan Inkscape sererta pastikan bahwa sobat mengerti kegunaan atau fungsi bagian tersebut, agar nantinya dapat mengedit foto menjadi vector dengan mudah tanpa menemui kendala seperti tidak mengetahui bagian lokasinya.

Sebenarnya cara yang kita gunakan tidak jauh berbeda dengan cara lainya, namun disini yang membedakan yaitu dengan cara yang sederhana dan akan memberikan sensasi membut vector denga kualitas yang bagus, adapun mengenai Cara Membuat Vector seperti berikut ini.

Alat Dan Bahan Membuat Vector (Mengubah Foto/Gambar jadi Vector)
Ada beberapa keperluan yang harus kita penuhi untuk membuat sebuah vektor dengan memanfaatkan sebuah aplikasi dan foto yang nantinya foto tersebut akan kita ubah menjadi gambar vector.

buah foto yang akan di edit, sobat bisa mencari sebuah foto model atau anda bisa memakai foto diri anda sendiri untuk diedit menjadi vector.
Itulah kedua hal yang harus kita miliki untuk mengubah foto menjadi sebuah desain grafis berupa gambar vector, adapun gambar vector yang dihasilkan akan tergantung bagaimana anda melakukanya dan menentukan sebuah desain, agar hasilnya bagus sobat bisa menyimak artikel dibawah ini dengan cermat untuk hasil yang bagus.

Beberapa panduan perlu kita lakukan secara urut dan benar, hal ini bertujuan agar nanti hasil dari tutorial ini dapat berjalan dengan lancar tanpa menemukan suatu masalah yang berarti. Dan biasanya masalah yang dialami beberapa orang melewatkan beberapa cara tersebut, oleh sebab itu maka sebaiknya sobat mengikuti tutorial atau cara mengubah foto menjadi vector dengan inkscape dengan benar-benar diperhatikan.

1. Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menginstall aplikasi Inkscape dan menentukan bahan foto untuk diedit.

2. Jika bahan sudah tersedia, maka selanjutnya buka aplikasi Inkscape pada pc sobat.

3. Selanjutnya siapkan lembar kerja baru dengan membuka bagian File > Documen properties ata dapat langsung tekan tombol keyboard Shift+CTRL+D

4. Jika sudah membuat lembar kerja baru, maka anda tinggal mengatur ukuran lembar kerja tadi dan anda bisa membuat ukuran 700×700 px (atau dapat menyesuakan dengan keinginan)

5. Setelah itu sobat buat 5 buah layer baru pada inkscape, dengan mengeklik Layer>Layers atau jika lebih mudah tekan Shift+CTRL+L secara bersamaan atau tekan dan tahan namun cepat menekanya. Layer ini digunakan untuk memudahkan mengidentifikasi obyek yang nantinya akan menjadi 6 layer dan sudah termasuk background asli atau foto asli. Sobat dapat memberi nama layer tersebut seperti berikut.

Layer pertama bisa dibuat untuk gambar acuan atau peletakan gambar utama yang untuk dijadikan bahan editan, dengan kata lain layer 1 adalah tempat dimana gambar asli dipasang. Layer kedua sobat bisa beri nama layer ke dua tersebut dengan nama bg (background) fungsinya untuk meletakan obyek background yang ada pada layer kedua tersebut. Layer ketiga beri nama menjadi warna dengan tujuan untuk meletakan obyek warna dasar. Layer ke empat di beri nama Shawdow fungsinya membuat obyek dengan warna bayangan atau warna gelap nantinya. Layer ke lima dapat anda beri nama light yaitu tujuanya pada layer ini untuk memberikan pencahayaan pada obyek. Layer ke enam beri saja nama outline sebab layer tersebut nantinya akan di isi obyek outline. Anda dapat melihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya dari penjelasan diatas tadi.

6. Jika sudah memasukan foto kedalam layer pertama atau layer 1, selanjutnya letakan komposisi foto pada bidang gambar dan setelah itu kunci layernya dengan mengeklik gambar gembok pada layer 1. Tujuan dari mengembok layer adalah agar foto tidak geser atau pindah-pindah pada bidang dan biasanya hal ini terjadi jika tidak mengembok dan ketika itu mungkin salah klik obyek.

7. Membuat outline terlebih dahulu, caranya kita klik gembok pada semua layer kecuali layer outline, sebab kita akan mengedit bagian layer outline.

8. Pakai pen (Bezier) tool atau dengan klik Shift+F6 untuk memulai membuat titik-titik atau garis yang akan dipilih pada foto tersebut, tahap awal yaitu dengan memulai menggambar bagian mata dengan pen bezier dengan membentuk pola mata, bagian mata merupakan bagian utama yang memberikan kesan kemiripan pada suatu obyek sehingga kita harus perhatikan betul pemakaian pen pada bagian mata. Setelah itu lakukan hal yang sama pada bagian yang lain seperti wajah, rambut, dan tubuh bagian yang lain.

9. Jika sudah selesai menggunakan pen bezier, selanjutnya yaitu dengan memberi warna hitam pada obyek yang sudah dibuat tadi. Caranya yaitu dengan klik Palet warna di bagian bawah. Untuk menghilangkan outline di obyek maka bisa tekan dan tahan Shift serta Klik Palet warna yang bergambar silang.

10. Jika semua outline sudah terbentuk maka sekarang tinggal seleksi semua outline dan gabungkan menjadi satu bagian dengan masuk ke menu path>Union atau langsung shortcut dengan menekan Bagian CTRL++ dengan menekan secara bersamaan.

11. Proses selanjutnya yaitu dengan mewarnai obyek menggunakan dan beralih ke layer warna, dengan cara kunci semua layer kecuali layer warna. Pada proses ini kita akan mewarnai seluruh obyek dengan memakai Pen Bezer tool, warnai bagian yang sesuai dengan keadaan sebenarnya misalnya warna kulit pada bagian wajah dan tangan pastikan warnanya sama.

12. Setelah itu kita akan memberikan dimensi pada gambar editan vektor yang hambir jadi tersebut, dengan menambahkan efek bayangan disetiap warna atau memberikan warna gelap pada bagian tertentu agar terlihat lebih realistik. Caranya cukup mudah dengan mengunci semua bagian layer kecuali layer shawdow, lalu gunakan pen bezier tool dan mulailah memberikan warna pada masing-masing bagian, dalam menentukan gelap terang maka kita harus perhatikan betul dan kita akan menentukan dari mana sisi gelap.

13. Setelah itu kita akan mewarnai bagian cahaya pada obyek, langkah utama yaitu dengan mengunci semua layer kecuali layer light, pakai warna yang terang dari pada warna obyek dan mulailah memberikan efek terang seperti cahaya datang. Prinsipnya sebenarnya sama seperti shawdow namun yang membedakan pada layer light kita akan memberikan sentuhan cahaya pada beberapa bagian vektor.

15. Kemudian buatlah efek background dengan mengunci semua layer kecuali layer bg, mulailah memberikan sentuah background dan jika tidak diberi background juga tidak masalah.

16. Selanjutnya simpan gambar pada folder yang anda pilih dan beri nama sesuai dengan keinginan anda, untuk lebih mudahnya menyimpan tekan CTRL+S dengan menekan secara bersamaan.

Nah mudah diapahami kan mengenai Cara membuat vektor dengan mudah pakai inkscape, semoga artikel saya kali ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang cara mengubah foto menjadi vector yang dapat anda praktikan. Jika ada pertanyaan atau barangkali kritikan mengenai artikel kali ini, maka sobat bisa langsung berkomentar pada kolom komentar yang sudah di sediakan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »